in ,

4 Tips Mahir Berbahasa Inggris Biar Punya Teman Bule

Pingin punya teman bule? Ada beberapa Tips Mahir Berbahasa Inggris yang gampang untuk ditepkan.Bahasa Inggris, kebanyakan orang beranggapan bahwa bahasa inggris adalah Salah satu mata pelajaran yang dianggap membosankan selain Matematika. Mungkin kamu juga menjadi salah satu orang yang tidak suka dan pernah dibuat pusing oleh pelajaran bahasa inggris di sekolah. Banyak yang beranggapan bahwa belajar bahasa inggris itu susah, karena para guru di sekolah banyak mengajarkan rumus – rumus kalimat, sehingga bukannya bisa berbicara dalam bahasa inggris malah dibuat bingung oleh rumus.

Cara dan tips Mahir Berbahasa Inggris

Seperti nasehat orang – orang dulu mengenai bahasa yang bunyinya seperti ini “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing”. Nah, jika kamu tidak dapat menguasai seluruh bahasa asing, setidaknya kuasai 1 saja yakni bahasa inggris karena bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional yang dipakai oleh banyak negara di dunia untuk berkomunikasi antar sesama. Sebagai bahasa internasional, sedikit menguasai bahasa inggris walaupun tidak jago jago amat akan menjadi nilai tersendiri dari seseorang di era serba digital ini. Dan perlu diketahui, hasil terbaik dari belajar bahasa inggris adalah bisa berbicara pakai bahasa inggris / percakapan menggunakan bahasa inggris, jadi walaupun kamu bisa mengerjakan soal pelajaran bahasa inggris tapi jika kamu tidak mampu berbicara menggunakan bahasa inggris maka akan terlihat sedikit sia – sia.

Jadi di artikel ini saya membagikan tips yang mudah dalam belajar bahasa inggris dengan target hasil bisa berbicara menggunakan bahasa inggris. Beberapa tips ini terkesan simpel, tapi jarang di pakai orang dalam belajar bahasa inggris. Jadi buat kamu yang ingin belajar bahasa inggris tapi bosan dengan metode yang diajarkan di sekolah dan ingin mencari hasil agar bisa lancar berbicara menggunakan bahasa inggris, artikel ini cocok banget buat kamu, Tanpa basa – basi panjang lebar, langsung saja kita ke tips – tipsnya, Simak sampai selesai ya !

#1 Jangan Terpaku Oleh Pelajaran Di Sekolah

Ingat, Pelajaran bahasa inggris yang diajarkan di sekolah itu cenderung digunakan untuk mengerjakan soal, maka tidak heran para guru di sekolah sering mengajarkan tentang rumus – rumus kalimat dan cara mengerjakan soal bahasa inggris, sehingga sangat jarang didapati ada praktek berbicara menggunakan bahasa inggris di saat pelajaran bahasa inggris di sekolah. Jadi Rumus – rumus kalimat itu tidak penting ? Rumus – rumus kalimat dalam bahasa inggris itu penting tapi jika ingin mahir berbicara menggunakan bahasa inggris, praktek adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

#2 Berani Praktek Ngomong Pakai Bahasa Inggris

Ini hal yang terpenting yang akan membuatmu mahir dalam berbicara menggunakan bahasa inggris. Semakin sering kamu praktek ngomong menggunakan bahasa inggris maka bahasa inggris akan semakin familiar di lidahmu dan waktu demi waktu kamu akan lancar berbicara menggunakan bahasa inggris dengan sendirinya. Mungkin akan timbul pertanyaan seperti ini :

Pertanyaan : Mau praktek sih kak, tapi sama siapa ? Nggak punya partner bicaranya.

Solusi : Kamu bisa memulai praktek ngomong menggunakan bahasa inggris dengan mendeskripsikan sesuatu atau keadaanmu (curhat), Rekam suaramu saat mendeskripsikan (Sekalian rekam video juga boleh) dan lihat perkembangan skillmu ngomong pakai bahasa inggris dari waktu ke waktu jika kamu konsisten dalam praktek.

Pertanyaan Kedua : Mendeskripsikan Bagaimana ? Aku masih bingung yang mau di omongin dalam bahasa inggris.

Solusi : Cari hal yang paling sederhana di sekitarmu, Contoh

  • Kalau di pagi hari ngomong aja seperti ini “Hello, Good Morning ! I am fine today”
  • Misal kamu sedang melihat sebuah buku ngomong aja seperti ini “There’s book in front of me (Ada buku di depanku)
  • Misal kamu sedang makan “I am eating rice right now (Aku sedang makan nasi sekarang)
  • Jadi cari hal – hal simpel di sekitarmu yang bisa kamu deskripsikan, Ingat ! Yang simpel – simpel saja agar kamu mudah mendeskripsikannya
  • dengan cara tersebut kamu tidak butuh seorang partner bicara untuk belajar ngomong menggunakan bahasa inggris

#3 Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris dan idiom / Expression

Semakin banyak kamu mengetahui kosakata bahasa inggris, maka kamu akan semakin mahir dalam praktek ngomong pakai bahasa inggris, Dari tips ini muncul lagi pertanyaan seperti ini :

Pertanyaan : Sudah coba hafalin kosakata, tapi mudah lupa, Gimana caranya biar ingat terus ?

Solusi : Praktekan ! Jika mendapat kosakata baru dalam bahasa inggris, Praktekan dengan cara ngomong. Misal kamu baru tau kalau bahasa inggrisnya kaos itu T-shirt, maka buat kalimat sederhana dari kata itu dan praktekan pakai omongan, contoh “I have ne T-shirt (Saya punya kaos baru), seperti itu.

Pertanyaan : Idiom / Expression itu apa ?

Jawaban : Idiom / Expression dalam bahasa inggris adalah beberapa kata yang sudah membentuk kalimat dalam bahasa inggris, jadi kamu tidak perlu merangkai kalimat lagi karena Idiom / Expression itu sudah memiliki arti sendir. Contoh :

  • Ring me up ! : Telfon aku ya !
  • I’m in hurry : saya terburu – buru
  • You’re really something : Kamu ada ada aja
  • Dll.

#4 Keep Practice

Jika kamu sudah mempraktekkan cara – cara yang sudah dijelaskan diatas, Bagus ! tetap lanjutkan dan konsisten, Seperti yang sudah dijelaskan, semakin kamu praktek ngomong, semakin familiar lidahmu dengan bahasa inggris, jika lidahmu sudah familiar dengan bahasa inggris maka kamu akan fasih dengan sendirinya.

Ok !

Saya kira cukup untuk Tips Mahir Berbahasa Inggris ini dan semoga bermanfaat, Gimana, Berani Praktek ?

Kamu suka menulis? Mau dapat uang tambahan dan artikel kamu dimuat di website rakatata.com? Ayo klik disini dan mulai bikin konten kamu sendiri!

Laporkan

Anak-anak

Ditulis oleh Risco Ferdian

Saya hanya mas mas biasa yang suka menulis dan nonton bola

Story MakerListicle Maker

Suka artikel ini gak?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

One Comment

Loading…

0
keistimewaan angkatan corona

Keistimewaan Angkatan Corona 2020

5 Hal penting Yang Wajib Bisa Kamu Lakukan Sebelum Berusia 18 Tahun