in

OMGOMG

Banyak Centenarian, Ungkap 10 Rahasia Orang Jepang Berumur Panjang

Selain terkenal dengan kepintarannya, orang Jepang juga memiliki masa hidup yang panjang atau lebih panjang umur dibandingkan penduduk dunia aslinya. Cara hidup yang sehat dan bahagia penduduk Jepang menjadi salah satu alasan memiliki usia panjang. Orang jepang juga tercatat memiliki jumlah centenarian terbanyak di dunia. Sekadar info, Centenarian adalah mereka yang berumur panjang hingga melampaui ulang tahun ke-100.

Selain berumur panjang, orang tua di Jepang juga termasuk yang paling sehat & produktif di dunia. Warga senior Jepang yang tercatat masih aktif bekerja sebanyak 7,7 juta baik bekerja di kantor pemerintahan sampai berkebun di ladang sehingga tak jarang orang tua Jepang masih berkarya dan jarang sakit. Untuk lebih jelasnya, yuk intip resep orang Jepang panjang umur yang bisa kita terapkan.

#1 Diet yang sehat dan seimbang ala Jepang

sarur-sayuran rahasia berumur panjang jepang

Orang Jepang tidak makan banyak daging merah seperti yang dilakukan orang Amerika Serikat atau Eropa Barat, mereka banyak makanan khas Jepang seperti biji-bijian dan sayuran. Daging merah memiliki lebih banyak kolesterol sehingga mereka mengganti dengan ikan agar terhindar dari penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Selain itu mereka lebih banyak minum teh hijau sebagai pengganti kopi serta produk susu yang merupakan sumber lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan alzheimer.

#2 Cara memasak makanan Jepang

rahasia panjang umur jepang

Variasi masakan Jepang seperti mengukus, memanggang, memasak dengan cara lambat (slow cooking) dan fermentasi pada makanan membuat kandungan vitamin dan mineral pada makanan tetap terjaga sehingga tubuh menerima kandungan nutrisi yang utuh dari makanan.

Sedangkan untuk masakan sekali goreng seperti tempura atau katsu, mereka akan mengimbanginya dengan sup sayuran, acar lobak dan natto. Hal ini mereka lakukan agar pola makan tetap bervariasi dan tidak membuat jenuh selera makan. Sehingga mereka tetap makan dengan gembira dan menyehatkan tubuh.

#3 Masakan Jepang disajikan dalam wadah / porsi kecil

centenarian jepang with lady

Di Jepang terkenal dengan pepatah “Hara Hachi Bu” yang memiliki arti makan lah sampai kamu merasa 80 persen penuh.  Oleh sebab itu Jepang terbiasa dengan makan dalam porsi kecil yang tentunya berbeda dengan porsi makanan yang biasanya kita makan. Mengontrol porsi makanan merupakan bagian dari etika tradisional Jepang dan diajarkan sedari dini.

#4 Penduduk Jepang terbiasa berjalan jauh

centenarian jepang rice bowl

Orang Jepang tidak hanya makan makanan sehat tetapi mereka juga banyak berdiri dan berjalan kaki. Banyak warga jepang lebih memilih transportasi sepeda, naik kereta bawah tanah untuk bekerja dan berjalan kaki setiap ke tempat tujuan mereka. Situasi ini terbilang terbaik dengan kebiasaan kita yang pergi kemana-mana mengandalkan kendaraan pribadi ataupun layanan pesan antar.

#5 Orang Jepang selalu menjaga kebersihan

Centenarian jepang

Jepang memiliki reputasi sebagai salah satu negara terbersih di dunia dan terbukti dengan jumlah wabah penyakit di Jepang lebih sedikit dibanding Eropa. Di Jepang mencuci tangan dan mandi setiap hari sudah menjadi kebiasaan dan etika sehingga mereka selalu menjaga kebersihan yang tentunya membantu untuk terhindari dari penyakit ketika sudah tua.

#6 Mencintai kehidupan

Centenarian jepang

Penduduk Jepang menjunjung tinggi nilai kehidupan yaitu Ikigai, yang mengajarkan untuk lebih mencintai kehidupan dan menjalani hidup dengan melakukan hal-hal yang kita cintai. Sebenarnya makna dari konsep ini sangat luas, namun ikigai banyak diartikan sebagai Iki yang berarti hidup dan Gai berarti reason. Bisa disimpulkan bahwa Ikigai merupakan konsep menjalani hidup dengan alasan-alasan tertentu. Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang dicintainya dan hal ini berkaitan dengan tingginya angka harapan hidup orang Jepang. Menjalani hidup dengan penuh cinta dapat terhindar dari stres dan serangan penyakit fisik.

#7 Tradisi menghabiskan waktu bersama-sama dengan keluarga

Centenarian jepang family time

Merawat anggota keluarga yang lebih tua dan membantu untuk keluar rumah secara bersama-sama merupakan tradisi penting di Jepang. Di Jepang ada keluarga yang multigenerasi yang artinya memiliki 2 generasi atau lebih dapat tinggal dalam satu rumah tangga. Jadi memiliki keluarga yang besar sangatlah normal untuk orang Jepang dan alasan ini juga yang mendorong psikologis untuk orang tua dan menikmati waktu bersama keluarga.

#8 Memilih nasi bukan gandum

rahasia berumur panjang

Mengkonsumsi nasi memiliki risiko lebih kecil terserang penyakit kardiovaskular dibandingkan konsumsi tepung gandum. Nasi yang dikonsumsi orang Jepang juga bebas zat-zat yang membuat iritasi pencernaan seperti asam fitat dan lektin. Namun orang jepang juga makan nasi dengan porsi cukup, tidak berlebihan karena karbohidrat yang terkandung dalam nasi.

#9 Menggunakan WC Jongkok

toilet duduk Centenarian jepang

Salah satu rahasia mengapa banyak Centenarian di jepang adalah toilet. Orang Jepang masih mempertahankan WC Jongkok karena mampu memperkuat kaki dan mengosongkan isi perut lebih efektif yakni tiga kali lebih cepat dibanding WC duduk.

#10 Pengobatan tradisional

obat herbal ala Centenarian jepang

Ramuan tradisional Jepang menjadi cara penyembuhan dan pencegahan penyakit yang paling diandalkan daripada obat-obatan kimia. Meskipun negara Jepang termasuk negara paling maju di dunia, daun-daunan, biji-bijian, akar-akaran, rempah-rempah masih banyak digunakan oleh masyarakat Jepang dalam menjaga kesehatan.

 

Nah itu tadi beberapa rahasia orang Jepang berumur panjang yang diungkapkan oleh banyak Centenarian yang bisa kamu terapkan agar hidup dengan selaras, seimbang, sehat dan tentunya panjang umur.

Laporkan

Ditulis oleh Rakatata

We love movie,music and other cool stuff!

Suka artikel ini gak?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Loading…

    0
    cerpen misteri villa angker

    Cerpen Misteri: Villa Angker

    tes kepribadian 4 elemen alam

    Tes Kepribadian: Apakah Elemenmu?