Daftar Isi:


Konten Listicle

Konten Listicle (list article) adalah artikel berupa daftar yang berisi item atau poin-poin yang pembahasannya ditulis berdasarkan 1 ide utama (topik artikel) serta didukung dengan visual/audio dalam bentuk gambar,suara,video yang menarik dan sesuai dengan ide utama yang dibahas. Listicle Sangat mudah untuk dibuat, mesikupun begitu, membutuhkan kreativitas untuk menentukan poin-poin dalam daftar yang kamu gunakan. Biasanya pembaca lebih tertarik dengan artikel seperti ini karena artikel berisi beberapa poin mengenai suatu hal dan tidak terlalu panjang atau banyak teks. Listicle biasanya digunakan untuk: Konten Listicle ini biasa digunakan untuk:

  • Artikel Informasi atau For your information
  • Artikel playlist lagu
  • Artikel playlist film
  • Artikel rekomendasi produk
  • Artikel just for fun
  • Artikel tutorial step by step (yang menjelaskan langkah-demi langkah)
  • Serta artikel edukasi atau yg lainnya.

Dalam website rakatata, untuk jenis artikel ini (listicle) kami bagi menjadi 2 jenis menurut fungsinya:

Rangked list

Konten berupa daftar peringkat, yang terdiri dari beberapa item, nantinya pembaca lainnya bisa mem-voting item yang termasuk dalam daftar tersebut (Listicle), item yang paling banyak mendapatkan voting akan otomatis menduduki peringkat 1 atau yang paling atas, begitu sebaliknya. Masih bingung? berikut ini adalah 2 contoh listicle dengan jenis rangked list:

  1. Playlist lagu untuk menambah kepercayaan diri
  2. 10 benda paling kramat & berhantu di dunia

Listicle standart

Konten berupa daftar peringkat, yang terdiri dari beberapa item, hampir sama seperti rangked list, perbedaannya adalah pembaca lainnya tidak bisa berinteraktif dan mem-voting item yang termasuk dalam daftar tersebut (Listicle), Masih bingung? berikut ini adalah 2 contoh listicle dengan jenis ini:

  1. 12 hal yang bikin Kerja di Rumah balik kanan bubar jalan
  2. 23 Hal Kecil Yang Bisa Membuat Hidupmu Makin Indah

Jangan khawatir tentang format penulisan, desain header (featured image) artikel, sebelum artikel kamu diterima dan diterbitkan kami akan melakukan pengaturan format serta editing konten seperti penambahan gambar (jika diperlukan) dll.


Persyaratan minimum untuk Listicle

Sebelum kamu mulai menulis dan mengajukan artikel pada kami, mohon pastikan terlebih dahulu artikel yang Kamu submit sudah memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  • Listicle yang kami terima hanyalah artikel yang kreatif, ada 3 pilihan yang kami tawarkan, artkel yang menarik (gak ngebosenin), Sedikit ngebosenin tapi mengedukasi dan yang terakhir adalah artikel yang menarik dan mengedukasi.
  • Mohon maaf kami tidak bisa menerima artikel dengan topik Suku Ras Agama Dan Antar golongan (SARA) termasuk politik.
  • Berisikan minimal 7 item, jika menggunakan gambar maka gunakan gambar dengan ukuran minimal 500 pixel bisa landscape atau potrait tapi direkomendasikan menggunakan gambar dengan ratio 1:1 (lebar dan tinggi gambar sama). Jika bingung silahkan baca artikel ini Cara Memotong Foto di Photoshop (Image Cropping).
  • Ingat! sebisa mungkin Gambar yang akan kamu gunakan bukanlah gambar/foto  yang diambil dari website atau media dalam maupun luar negeri.
  • Jika pada akhirnya kamu menggunakan gambar atau foto dari website atau media dalam dan luar negri, kamu wajib untuk mencantumkan sumber di bawah gambar tersebut.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh vulgar, mengandung kekerasan, darah atau hal yang menjijikan lainnya.
  • Artikel yang dikirim DILARANG MENJIPLAK tulisan milik orang lain.
  • Pastikan juga tulisan tersebut BELUM PERNAH TERBIT DI WEB LAIN (termasuk blog pribadi).
  • Artikel harus 100% Lolos Plagiasi by Quetext Pro sebelum di publish (diterbitkan di website rakatata).
  • Memiliki judul listicle dengan 50-80 karakter (jika dihitung tanpa spasi).
  • Memiliki minimal 2 dan maksimal 7 kata kunci (tag) yang sesuai dengan artikel kamu.

Panduan menulis Listicle

#1. Langkah pertama

Masukan item pertama dalam list kamu, bisa berupa Gambar,video,audio atau teks menggunakan metode yang tersedia.


#2. Langkah kedua

Masukan terlebih dahulu Judul listicle kamu, kata pembuka (deskripsi singkat mengenai liticle kamu), tag/kata kunci yang sesuai dengan topik listicle kamu.


#3. Langkah ketiga

Tulis title/judul konten pertama, masukan deskripsi mengenai item tersebut tidak usah panjang-panjang, singkat saja tapi menjelaskan konten tersebut. ingat, jangan lupa cantumkan source, sumber atau link dimana kamu mendapatkan konten tersebut (jika kamu menggunakan karya orang lain ya). Dan kamu juga bisa menambahkan link refferal kamu pada setiap item yang kamu gunakan dalam listicle, hal ini akan berguna dan menguntungkan kamu nantinya Contohnya: kamu mebuat listicle dengan judul “10 sepatu lari terbaik yang digunakan untuk bermain futsal”, dan isi listicle nya terdiri dari 10 item sepatu lari yang berbeda merek atau model, dan untuk setiap sepatunya kamu menyematkan link refferal kamu dari marketplace, jika pembaca melihat artikel ini, mengklik link refferal kamu kemudian memutuskan membeli produk tersebut di marketplace maka kamu akan mendapatkan komisi :).


#4 Langkah keempat

Lakukan langkah pertama lagi untuk menambah item listicle kamu. Kamu juga bisa menghapus item jika dibutuhkan dengan cara klik icon tempat sampah yang terletak disamping kanan item tersebut. Ingat persyaratan minimum untuk listicle ini adalah 7 item ya :).


#5 Langkah kelima

  • Baca dengan cermat dan berikan centang pada ketentuan/persyaratan content creator di website rakatata.com.
  • Simpan draft konten kamu terlebih dahulu biar tidak hilang, dengan cara klik tombol Simpan Draft. Konten kamu yang telah tersimpan di draft nantinya bisa kamu lihat di bagian profil kamu, pada bagian Tab konten saya >> Drafts
  • Kamu juga bisa melihat tampilan kamu kamu di website dengan cara klik tombol Cek tampilan (tombol ini hanya tersedia jika kamu sudah menyimpan sebagai draft terlebih dahulu).
  • Kemudian klik tombol Ajukan ke redaktur jika sudah siap untuk di submit.

Selamat! Kamu telah berhasil membuat Listicle pertama kamu di rakatata.com.


Klik tombol Halaman berikutnya untuk mengetahui panduan untuk membuat Artikel dengan jenis Quiz.