Daftar Isi:


Konten Quiz

Konten quiz di rakatata adalah sebuah konten hiburan yang biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan pesertanya atau hanya untuk senang-senang. topik quiz bisa mengenai apa saja yang penting menghibur dan menantang. Quiz berisikan pertanyaan-pertanyaan.Lengkap dengan pilihan jawaban untuk setiap pertanyaannya, dan hasil quiz. Konten ini dilengkapi dengan sistem score/penilaian berdasarkan jumlah jawaban yang benar dan salah.

Skema sederhananya seperti ini:

  1. Pembaca mengikuti quis kamu
  2. Menjawab pertanyaan-pertanyan yang terdapat dalam quiz
  3. Pembaca mendapatkan hasil quiz. Hasil quiz ini tergantung berapa banyak jawaban yang benar dan salah selama pembaca mengikuti quiz ini.

Contoh konten quiz:

Konten quiz ini biasa digunakan untuk:

  • Trivia kuis
  • Ujian akademis
  • dll

Persyaratan minimum untuk Quiz

Sebelum kamu mulai menulis dan mengajukan quiz pada kami, mohon pastikan terlebih dahulu quiz yang Kamu submit sudah memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  • Quiz yang kami terima hanyalah quiz yang menarik, menyenangkan dan kreatif. Kamu bisa mengeksplorasi lebih luas lagi mengenai quiz ini.
  • Mohon maaf kami tidak bisa menerima Quiz dengan topik Suku Ras Agama Dan Antar golongan (SARA) termasuk politik.
  • BerisikanĀ minimal 8 pertanyaan, Jika pertanyaan quiz kamu ingin disertai gambar, direkomendasikan menggunakan gambar sendiri dengan ukuran minimal 500 pixel bisa landscape atau potrait tapi direkomendasikan menggunakan gambar dengan ratio 1:1 (lebar dan tinggi gambar sama). Jika bingung silahkan baca artikel ini Cara Memotong Foto di Photoshop (Image Cropping). Meskipun begitu kamu juga dipersilahkan jika hanya ingin menggunakan teks sebagai pertanyaan, nantinya team redaksi rakatata.com akan menambahkan gambar pendukung yang sesuai dengan pertanyaan kamu.
  • Memiliki minimal 2 pilihan jawaban untuk masing-masing pertanyaannya, pada bagian pilihan pertanyaan silahkan sesuaikan dengan pertanyaannya, ada beberapa jenis pertanyaan yang harus disertakan gambar dalam pilihan jawabannya, dan ada juga pertanyaan yang tidak membutuhkan sebuah gambar untuk pilihan jawabannya.
  • Memiliki minimal 3 hasil quiz, yang berdasarkan jumlah jawaban yang benar dan salah pesertanya. pada bagian ini juga tidak diwajibkan untuk menyediakan gambar sendiri karena nantinya team redaksi akan menambahkan dengan graphic /gambar yang sesuai dengan hasil quiz tersebut. Meskipun begitu juga tentu bisa memberikan gambar sendiri agar lebih tepat, dengan gambar yang memiliki ratio 1.91:1 atau dengan gambar dengan ukuran minimal 1,200 pixel (lebar) x 628 pixel (panjang).
  • Pertanyaan, jawaban dan hasil quiz tentu saja harus relevan dan nyambung ya šŸ™‚
  • Ingat! sebisa mungkin Gambar yang akan kamu gunakan bukanlah gambar/fotoĀ  yang diambil dari website atau media dalam maupun luar negeri.
  • Jika pada akhirnya kamu menggunakan gambar atau foto dari website atau media dalam dan luar negri, kamu wajib untuk mencantumkan sumber di bawah gambar tersebut.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh vulgar, mengandung kekerasan, darah atau hal yang menjijikan lainnya.
  • Artikel yang dikirimĀ DILARANG MENJIPLAK tulisan milik orang lain.
  • Pastikan juga tulisan tersebutĀ BELUM PERNAH TERBIT DI WEB LAIN (termasuk blog pribadi).
  • Memiliki judul quiz dengan 50-80 karakter (jika dihitung tanpa spasi).
  • Memiliki minimal 2 dan maksimal 7 kata kunci (tag) yang sesuai dengan quiz kamu.

Panduan menulis Quiz

#1. Langkah pertama

Masukan terlebih dahulu Judul quiz kamu, kata pembuka (deskripsi singkat mengenai quiz ), serta tag/kata kunci yang sesuai dengan topik quiz.


#2. Langkah kedua

Dalam pembuatan quiz, pertama-tama kamu harus membuat pertanyaan serta jawabannya terlebih dahulu, setelah bagian pertanyaan dan jawaban selesai barulah membuat hasil quiz. Masukan pertanyaan pertama kamu kemudian Klik tombol Tambahkan.


#3. Langkah ketiga

Sekarang kamu berada di section pertanyaan dan jawaban, yang akan kami jelaskan dibawah ini:

1) Untuk pertanyaan ada 3 macam tampilan yang bisa kamu pilih, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan quiz kamu.

  • Pertanyaan dalam teks lengkap dengan gambar pendukung. ini yang paling direkomendasikan karena lebih menarik dan jelas.
  • Pertanyaan dengan teks/tulisan yang dipadukan dalam sebuah graphic/gambar. Jika kamu memilih jenis ini, klik dan berikan centang pada bagian “Sembunyikan teks pertanyaan, jika sudah dijelaskan dalam gambar”. Maka otomatis teks pertanyaan kamu akan tidak diperlihatkan dalam quiz, hanya gambar saja.
  • Pertanyaan hanya berupa teks/tulisan saja. Lebih mudah dikerjakan tapi merupakan yang paling membosankan alias boring.

2) Untuk jawaban sama seperti bagian pertanyaan diatas, bedanya untuk bagian jawaban ini memiliki tambahan, yaitu style Layout jawaban (bagaimana nantinya jawaban-jawaban akan terlihat). sperti yang ditampilkan di point no.2.

3) Merupakan kolom dimana kamu mengatur pilihan jawaban-jawaban untuk pertanyaan tersebut, jika ingin menambahkan pilihan jawaban, kamu hanya perlu mengisi konten jawaban baru dan klik tombol tambahkan. Jika kamu ingin menambahkan pertanyaan lagi silahkan ulangi Langkah #2.


#4 Langkah keempat

  • Setelah semua pertanyaan serta jawaban selesai, sekarang kamu bisa mengatur hasil quiz nya. Klik tombol Edit hasil seperti yang ditampilkan di poin no 1.
  • Jika mau lebih cepat silahkan klik tombol gunakan template untuk memproduksi hasil quz secara otomatis seperti yang ditunjukan pada poin no 2.
  • Jika kamu ingin memasukan hasil quiz secara manual silahkan masukan judul hasil quiz pertama dan klik tombol tambahkan seperti yang ditunjukan di poin no 3.


#5 Langkah kelima

Okay, sekarang kami jelaskan mengenai sistem scoring/penilaian dan pengaturannya yang menentukan hasil quiz mana nantinya yang diberikan kepada peserta quiz.

  • Atur value hasil quiz seperti yang ditunjukan di poin no 1. contohnya seperti ini jika kamu mengatur value dengan 0-20% pada hasil quiz pertama ini, maka jika peserta quiz memiliki jawaban yg benar sebesar 0% sampai 20% dari total jumlah pertanyaan, maka peserta tersebut mendapatkan hasil quiz pertama ini, bagaimana jika diatas 20% contoh 21%? ya berarti nantinya peserta akan mendapatkan hasil quiz kedua atau yang selanjutnya.
  • Jika kamu ingin menambahkan gambar pendukung untuk hasil quiz kamu bisa menambahkannya pada bagian yang ditunjukan pada poin no 2,maksudnya biar quiz kamu terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
  • Pada poin no 3 ini, kamu bisa menambahkan deskripsi atau kalimat yang menjelaskan hasil quiz tersebut.


#6 Langkah keenam

  • Baca dengan cermat dan berikan centang pada ketentuan/persyaratan content creator di website rakatata.com.
  • Simpan draft konten kamu terlebih dahulu biar tidak hilang, dengan cara klik tombol Simpan Draft. Konten kamu yang telah tersimpan di draft nantinya bisa kamu lihat di bagian profil kamu, pada bagian Tab konten saya >> Drafts
  • Kamu juga bisa melihat tampilan kamu kamu di website dengan cara klik tombol Cek tampilan (tombol ini hanya tersedia jika kamu sudah menyimpan sebagai draft terlebih dahulu).
  • Kemudian klik tombol Ajukan ke redaktur jika sudah siap untuk di submit.

Selamat! Kamu telah berhasil membuat quiz pertama kamu di rakatata.com.


Klik tombol Halaman berikutnya untuk mengetahui panduan untuk membuat kontenl dengan jenis Tes Kepribadian