in

LoveLove

Review Film 1917

1917, merupakan film perang yang cinematik banget

Sinopsis Film 1917:

Film 1917 merupakan film perang dengan setting waktu Perang dunia pertama (WWI) kisaran tahun 1917-1918. Film ini mengisahkan dua prajurit muda dari British (united kingdom). Schofield (George MacKay yang juga mainkan peran sebagi Bo di film captain fantastic) dan Blake (Dean-Charles Chapman yang dikenal sebagai Tommen Baratheon di TV seri game of thrones-GOT) yang diberikan tugas mendadak. Sebuah misi yang butuh keberanian tinggi langsung diperintahkan oleh atasan mereka jendral Erinmore (Colin Firth).

Misi tersebut terdengar mustahil karena kedua prajurit tersebut diminta untuk mengantarkan surat perintah pembatalan penyerangan untuk salah satu batalion pasukan yang mengejar pasukan jerman yang mundur melewati No man’s land dan area yang sebelumnya dikuasi tentara jerman. Pergerakan tentara jerman ini tenyata merupakan gerakan strategis jerman untuk menjebak ratusan prajurit termasuk kakak kandung blake.Blake dan Schofield bergegas secepat mungkin melawan waktu untuk menyelamatkan batalion tersebut bergerak menuju perangkap jerman yang akan mengakibatkan pembantaian sekitar 1600 prajurit.

sinopsis film 1917
Lance Corporal Blake (kiri) membantu Lance Corporal Schofield (kanan)

WARNING! PERINGATAN!

Cukup membaca sampai sini aja ya, karena ada kemungkinan besar spoiler film disebutkan dimulai dari sini.


Review Film 1917

Berikut ini adalah review film 1917 versi admin.1917 menceritakan sebuah kisah yang terfokus dan memiliki jalan cerita yang cepat. Terinspirasi oleh cerita-cerita dari kakek sang direktor. Sam Mendes yang dia dengar dari kakeknya yang bertugas dalam perang dunia 1. Salah satu cerita diantaranya adalah sebuah kisah yang sangat terngiang dalam telinga dan pikiran mendes mengenai seorang prajurit yang bertugas untuk mengantarkan surat melewati No man’s land (area atau kawasan tak berpenghuni diantara 2 parit pasukan tentara yang sedang berperang). film ini mengikuti perjalanan Schofield dan Blake dalam menyelesaikan misinya.

review film 1917
George macKay (Schofield) & Dean-Charles Chapman (Blake)

Kamera menjadi sebuah mata atau sudut pandang orang ketiga dalam perjalan tersebut, seperti kita ikut didalam perjalannnya. menyamarkan setiap potongan dengan halus untuk membuat film terlihat sebagai satu urutan yang tak terputus dan membuat film ini seolah-olah hanya diambil oleh satu kamera (one-shot).

Roger deakins sang cinematographer berada di set film 1917
Sang cinematographer jenius Roger deakins dalam set film 1917

Staging yang cerdik,eksekusi yang mantap serta komposisi yang ciamik membuat film 1917 menjadi sebuah pertunjukan sinematik yang luar biasa berkat arahan sang Director Sam mendes, Cinematographer jenius Roger Deakins. dan tentu saja ini tidak akan tercipta tanpa keringat dan usaha semua team termasuk aktor dalam film ini yang patut diacungi 4 jempol.

director sam mendes on 1917 movie set
Sang direktor, Sam mendes sedang memberi arahan pada kedua aktor utama

Meskipun film ini luar biasa bagus dan wajib ditonton. review film 1917 saya memiliki satu catatan khusus yang menurut saya cukup penting. film ini meninggalkan sedikit kenangan yang bisa saya simpan mengenai karakternya. Saya tidak merasa memiliki keterikatan emosi penonton dengan karakter-karakter utama dan cameo dalam film ini, yang seolah-olah hilang begitu saja setelah beberapa jam meninggalkan gedung bioskop.

Selain kecapakan kedua aktor utamanya film ini juga memiliki beberapa peran kecil (cameo) dari aktor-aktor yang juga dikenal memiliki kemampuan akting yang bagus seperti Colin Firth sebagai general Erinmore & Mark strong sebagai Captain Smith yang juga berperan di film Kingsman. Andrew scott dari tv seri Fleabag. Richard madden sebagai kakak nya Blake Lieutenant Joseph Blake dan Colonel Mackenzie yang diperankan oleh Aktor Benedict Cumberbatch yang juga memerankan doctor strange dari marvel universe.

Mark strong as captain smith on 1917 movie
Mark Strong sebagai Captain Smith di film 1917

Scene favorit di film 1917

Banyak sekali scene yang menurut saya mengagumkan.Tapi kalau saya harus pilih satu scene yang paling noteable adalah ketika Schofield berada di reruntuhan kota pada malam hari. Scene dimulai dari tampilan dalam sebuah jendela yang di sinari dari Flares dan Schofield mulai berjalan meneruskan misinya.

Dalam scene menyuguhkan pemandangan mengerikan kota yang hancur karena perang. ditengah kegelapan malam dan hanya diterangi sinar dari flare & api dari gedung yang terbakar. Ditambah lagi The Night Window dari Thomas Newman yang menjadi musik latar yang cocok banget dengan scene ini. yang bikin saya merinding adalah karena saya bisa merasakan sesuatu keindahan dari pemandangan mengerikan yang diakibatkan perang.

Cukup sekian review film 1917 yang bisa saya berikan kali ini, sekali lagi, kamu tidak perlu setuju dengan saya karena setiap movie critique memiliki beda mata dan fikiran.


Informasi Film:

Tanggal rilis: 10 Januari 2020.
Director: Sam Mendes
Penulis naskah: Sam Mendes, Krysty Wilson-Cairns
Cast: George macKay,Dean-Charles Chapman, Mark Strong, Andrew Scott, Richard Madden, Claire Duburcq, Colin Firth, Benedict Cumberbatch, dll
Genre: ‎Film Drama, Film perang
Rating: R (Untuk kekerasan, tampilan scene yang mengganggu, dan bahasa). Klik Dan Baca disini untuk memahami lebih lengkap mengenai Motion picture content rating system
Durasi: 110 Menit.
Studio produksi: Universal Pictures


review film 1917
Review Film 1917
Kesimpulan
Jangan liat kritik film ini, just watch it! Amazing cinematography and overall amazing experience of a movie.
Positif
Penulisan naskah luar biasa
Cinematography, teknik dewa!!
Musicnya unbeliveable!
Casting dan akting grade A
Negatif
Berasa kurang terikat secara emosi dengan karakternya
4.5
Nilai
Kami akan menerima komisi tanpa membebankan biaya tambahan kalau kamu menggunakan link referral kami.

Laporkan

Ditulis oleh Rakatata

We love movie,music and other cool stuff!

Suka artikel ini gak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nilai rating

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Shortcut keys Microsoft word

    46 Shortcut Keys Microsoft Word yang bisa merubah jalan hidupmu

    Coba identifikasi siapa penyanyi indonesia di balik topeng batman ini