in

LoveLove OMGOMG

Review Film Parasite (Gisaengchung)

Sinopsis Film Parasite:

Film Parasite atau Gisaengchung merupakan film jagoan dari negara korea selatan yang telah mendapatkan banyak penghargaan di dunia perfilman, Film ini sebenarnya memiliki konsep pemikiran yang begitu sederhana akan dengan eksekusi menarik dan detail.

film parasite meraih oscar

Film parasite ini memiliki sindiran sosial yang menggigit tentang ketimpangan ekonomi yang terlihat melalui hubungan simbiosis antara keluarga miskin Korea Selatan, Kim, dan keluarga kaya, Park. Saat anak-anak Kim menyusup ke dalam keluarga Park, Terjadi pergantian keseimbangan kekuatan dengan cara yang tidak terduga.


Review Film Parasite

Berikut ini adalah review film parasite versi admin, Digambarkan oleh penciptanya sebagai “komedi tanpa badut, tragedi tanpa penjahat”, film Parasite ini lebih mirip Shakespeare daripada Hitchockian – kisah dua keluarga dari ujung spektrum sosial-ekonomi yang berlawanan, Film parasite atau Gisaengchung ini diceritakan dengan aliran cerita unik, smooth dan cerdas yang sudah menjadi ciri khas Bong Joon-ho sang Director

Penonton pertama kali dipertemukan dengan sebuah keluarga Kim, yang dikepalai oleh ayah Ki-taek (Song Kang-ho) dan ibu Chung-sook (Chang Hyae-jin), Yang tinggal di rumah semi-basement mereka, sedang berjuang untuk mendapatkan akses internet gratis Menggunakan Wifi dengan cara membiarkan jendela mereka terbuka untuk mendapatkan signal hingga mendapatkan fumigasi (untuk memberantas serangga) secara gratis. Keluarga Kim tidak memiliki apa pun kecuali satu sama lain dan memiliki rasa kewirausahaan walapun sulit untuk dilakukan.

parasite movie wifi scene
Ki-woo & Ki-Jung berjuang untuk mendapatkan WIFI Gratis

Suatu hari anak lelaki keluarga kim, Ki-woo (Choi Woo-shik) dihadapkan pada kesempatan yang tak terduga untuk menjadi seorang pengajar (seperti guru les private) untuk seorang anak dari keluarga yang kaya raya, Ki-woo pun tentu saja tidak akan melewatkan kesempatan ini, meskipun diatas kertas dia kurang memenuhi syararat untuk mengajar bahasa inggris, Ki-woo lalu meminta tolong saudarinya Ki-jung (Park So-dam) yang ternyata sangat berbakat dalam mengolah karya seni digital, memalsukan ijazah perguruan tinggi atas nama ki-woo agar memuluskan rencananya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dan masuk ke dalam keluarga Park yang kaya.

kim family parasite movie
Keluarga Kim yang Sederhana dan Kompak

Keluarga Park tinggal dalam sebuah rumah mewah karya seorang arsitek terkenal, memiliki pemandangan yang indah, serta memiliki segala kebutuhan yang tidak dimiliki oleh keluarga Kim. Keluarga park terdiri dari sang ayah park Park (Lee Sun-kyun) seorang pengusaha yang selalu sibuk bekerja, sang ibu Yeon-kyo (Cho Yeo-jeong) yang selalu terlihat gelisah dan tegang, Anak ABG mereka Da-hye (Jung Ji‑so), dan putra bungsu mereka yang hiperaktif.

Sementara di keluarga Kim yang mengutamakan kerja sama tim dalam kehidupan sehari-hari, setiap anggota keluarga memiliki peran masing-masing dan mereka melakukannya bersama-sama, berbeda jauh dengan gaya hidup keluarga park yang lebih banyak bergantung pada bantuan “berbayar” dalam kehidupan sehari-harinya seperti bantuan dari seorang asisten rumah tangga yang setia Moon-gwang (Lee Jung-eun), yang bertugas hampir untuk semua urusan rumah tangga, guru tutorial untuk anak-anak park, dan supir. Ki-woo atau kevin (panggilan khusus dari keluarga park untuknya), mengamati keluarga park dari dalam dan segera menyadari bahwa dia dapat dengan mudah memasukan setiap anggota keluarnya untuk mengganti dan mengisi Peran-peran bantuan “berbayar” tersebut. Meskipun keluarga Kim tinggal di bangunan kumuh semi-basement yang rawan kebanjiran tapi jelas setiap anggota keluarga ini sama cerdasnya dan jauh lebih kompak dibanding keluarga Park.

cho yeo jeong in parasite movie
Suami dan istri Keluarga Park

Diluar dari judul ambigu yang sengaja disematkan (seperti film Us oleh Jordan Peele), Direktor Bong Joon-ho sekali lagi Berhasil mengangkat sebuah topik sosial yaitu sebuah permainan manipulasi dan ketidakpercayaan didalam sesuatu yang biasa kita sebut kekayaan materi yang selalu konsisten di selipkan dalam karyanya sejak tahun 2003 dari film Memories of Murder, The Host, Mother, Okja dan , Snowpiercer.

bong joon ho parasite
Sang direktor jenius Bong Joon-ho

Dalam sebuah kemuslihatan, Orang-orang yang berada di puncak tangga dalam kehidupan sosial memiliki kemampuan yang sama dengan orang-orang yang mereka anggap rendah yang kadang bisa lebih berbahaya dan lebih pintar karena tidak diperhitungkan sebelumnya, yang diceritakan dalam Dalam film parasite ini. Meskipun begitu, Bong Joon-ho sang direktor sangat berhati-hati dalam menceritakannya agar tetap seimbang untuk kedua pihak diatas dan dibawah yang menjadikannya sebuah cerita dengan sebuah cinematik yang setara dan mengundang para penonton untuk memutuskan sendiri makna sebenarnya dari penampakan simetris perbedaan yang aneh dan terjadi dalam masyarakat ini.

Kang ho song parasite
Aktor veteran Kang‑Ho Song dengan akting yang briliant dalam salah satu scene film parasite

Kemampuan akting dari para pemain sangat luar biasa dan merata baik itu para cameo, pendukung dan pemain utama, Ditambah lagi musik latar karya Jung Jae-il yang sangat briliant dan pas untuk scene nya. Bagi saya film Parasite itu seperti sebuah lagu Orkestra Melankolis yang di sajikan dengan gairah oleh setiap pemain musiknya, Setiap pukulan atau nada be-resonansi dengan harmonis, memiliki conduktor yang pintar dan yang tentu saja memiliki skor musik yang sempurna dituliskan oleh Bong Joon-ho dan co-writer Han Jin-won.

Segitu aja dulu review film Parasite yang bisa saya berikan, kamu tidak perlu setuju dengan saya karena setiap movie critique memiliki beda mata dan fikiran.


Informasi Film:

Release date: 11 Oktober 2019.
Director: Bong Joon-ho
Cast: Kang‑Ho Song, Choi Woo‑shik, Cho Yeo‑jeong, Park So‑dam, Jung Ji‑so, Dll
Genre: ‎Art House & International, Drama.
Rating: R (for language, some violence and sexual content).
Durasi: 132 Menit.


 

review film parasite
Review Film Parasite (Gisaengchung)
Kesimpulan
Film Parasite Menurut saya adalah suatu film yang menyajikan pengalaman yang benar-benar luar biasa yang membuat saya menjadi lebih menikmati film.
Positif
Jalan cerita mulus
Sinematografi World class!
Cast nya Muantab!
Negatif
4.9
Nilai

Laporkan

Ditulis oleh Rakatata

We love movie,music and other cool stuff!

Suka artikel ini gak?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nilai rating

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Loading…

    0
    quiz blackpink korea

    Diantara personel BlackPink, Siapa yang paling cocok dengan kamu?

    cara mengubah ukuran gambar dan foto

    Cara mengubah ukuran gambar menggunakan Photoshop dan Paint